22 Maret 2013 | 2 Comments »Posted in Ilmu Pengetahuan & Teknologi
114544_ilustrasi-komputer-lambat_663_382

Cara Mudah Mengatasi Komputer Tidak Bisa di Shutdown

Jum’at, 22 Maret 2013

PerspektifNews – Komputer anda tidak bisa di-shutdown atau dimatikan? Bagi yang pernah mengalami, masalah pada komputer/laptop yang satu ini lumayan membuat bingung. Biasanya komputer yang tidak bisa di-shutdown tidak hanya sekali saja kita alami, melainkan terus-menerus ketika komputer dijalankan. Selain tidak bisa di shutdown, biasanya dibarengi dengan tidak bisa dijalankannya/dikliknya seluruh pilihan di menu start, termasuk juga pilihan untuk restart dan log off komputer.

Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah ini terjadi pada komputer kita, yakni antara lain: Registry Fast Shutdown yang masih dalam kondisi aktif, settingan BIOS bukan settingan default BIOS tersebut, masih adanya program yang dijalankan namun tidak muncul/terlihat, atau komputer anda mendukung Advenced Power Management (APM). Selain itu bisa juga disebabkan karena anda menginstall beberapa antivirus pada komputer, serta ada beberapa penyebab lainnya.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang anda bisa dilakukan. Cara pertama: buka regedit (caranya tekan tombol windows+R, atau kill menu strat lalu ketik: regedit), pilih HKEY_CURRENT_USER, lalu pilih Control Panel, pilih Desktop. Kemudian, klik dua kali pada PowerOffActive dan ubah nilai nya menjadi 1 (satu).

Cara kedua dengan merubah seting APM pada control panel. Langkah-langkah yang dilakukan: buka Control Panel, pilih Performance and Maintenance pada pilihan yang tersedia, kemudian klik Power Options, lalu klik tab APM, dan beri tanda centang pada Enable Advanced Power Management Support, terakhir klik OK.

Selanjutnya, cara yang ketiga ini adalah cara yang paling mudah, dan paling bisa dilakukan apabila anda merasa asing dengan istilah-istilah pada cara sebelumnya. Langkah-langkahnya adalah: tekan tombol power pada komputer dan tahan sekitar 15 detik. Setelah komputer mati, kemudian hidupkan kembali dengan memilih safe mode, biasanya pada tahap ini pilihan pada menu start serta pilihan shutdown, restart, log off, sudah mulai normal. Kemudian matikan komputer kembali dengan klik shutdown, lalu kembali hidupkan dengan memiliih normal mode, dan komputer sudah normal seperti biasanya. (Roma)

Diolah dari berbagai sumber

2 Comments Already!

  1. adji mengatakan:

    saya udah pake cara itu ko masih belum bisa….?
    terus saya tidak menemukan kata PowerOffActive,pada HKEY_CURRENT_USER,> Control Panel, Desktop.

  2. dewa mengatakan:

    Thank you gan, cara yang ketiga emang yang paling ampuh

Leave a Reply