11 April 2013 | No Comments »Posted in Pendidikan dan Kesehatan
demo-buruh

Mahasiswa Unikama Menuntut Penyelesaian Perebutan Kekuasaan

Kamis, 11 April 2013

PerspektifNews, Malang – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Jawa Timur, melakukan aksi unjuk rasa menuntut penyelesaian dualisme kepengurusan di tubuh yayasan perguruan tinggi tersebut, Jumat (5/4).

Aksi sempat ricuh ketika Satuan Pengamanan (Satpam) dan Resimen Mahasiswa (Menwa) yang menjaga aksi ini, melarang mahasiswa peserta aksi menurunkan bendera merah putih menjadi setengah tiang di halaman Gedung Rektorat.

Kordinator Aksi, Muhamamad Faris A. kepada PerspektifNews menuturkan, bahwa aksi ini mereka lakukan sebagai bentuk kegerahan mahasiswa melihat konflik perebutan kekuasaan di tubuh yayasan yang menaungi kampus mereka.

“Kami sudah bosan dan dengan kondisi ini. Kampus seharusnya memberikan pembelajaran berdemokrasi kepada mahasiswanya, bukan justru mengajarkan berebut kekuasaan,“ ujarnya.

Menurut Faris, dalam konflik dualisme kepengurusan ini, mahasiswalah yang menjadi pihak paling dirugikan. “Kami dipaksa untuk ikut berkonflik, padahal ini bukan persoalan mahasiswa,” lanjut Faris. Para mahasiswa menganggap, bahwa ini persoalan para petinggi yayasan yang lebih mementingkan pribadi dan kelompoknya.

Persoalan mendasar lainnya yang dihadapi mahasiswa terkait konflik tersebut adalah soal ijazah. “Dualisme kepengurusan menyebabkan persoalan tentang siapa yang akan menandatangani ijazah mahasiswa yang akan lulus,” terang Fariz. (Andre)

 

Leave a Reply