10 Mei 2013 | No Comments »Posted in Hukum dan Politik
Komisioner KPU Tunut Widodo menunjukkan surat suara yang rusak

KPU Kab Cilacap Verifikasi 516 Bacaleg

3.763 Surat Suara Ditemukan Rusak

Jum’at, 10 Mei 2013

PerspektifNews, Cilacap – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap mengumumkan hasil verifikasi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Kabupaten Cilacap kepada partai politik, Rabu (8/5). Pengumuman ini dilaksanakan setelah 14 hari KPU melakukan verifikasi.

Ketua KPU Kabupaten Cilacap, Warsid mengatakan, ada 516 bacaleg yang diverifikasi oleh KPU. Menurutnya, penyerahan hasil verifikasi ini merupakan hasil verifikasi secara administratif dan awal tahapan sebelum menjadi daftar caleg tetap.

“Setelah parpol menerima hasil verifikasi, akan diberi waktu mulai tanggal 9-22 Mei untuk melakukan perbaikan jika masih ada berkas yang masih kurang,” katanya. Sebab, menurutnya, masih banyak kekurangan dalam berkas bacaleg yang sudah diserahkan.

Warsid juga mengatakan, parpol boleh mengganti bakal calon yang sudah didaftarkan. Bahkan diperbolehkan untuk menambah dan mengurangi bacalegnya. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan setelah daftar caleg sementara ditetapkan.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Cilacap menemukan 3.763 surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah rusak dari 466 boks yang disortir hingga Sabtu (4/5) lalu.

Komisioner KPU Cilacap Divisi Logistik Tunut Widodo mengatakan, kerusakan yang ditemukan antara lain berlubang, bercak di wajah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, atau potongan yang tidak sesuai atau melebihi garis. Selain itu, ada pula yang gambarnya kabur atau buram.

“Baru sekitar 0,04 persen surat suara yang rusak sampai Sabtu kemarin. Hari ini belum dihitung berapa jumlah surat suara yang rusak,” kata dia, Senin (6/5).

Kerusakan ini, menurut Tunut, bukan kesalahan KPU namun hasil cetak surat suara yang memang kurang bagus.

Dia menambahkan, setelah selesai dilipat, surat suara yang rusak akan dikumpulkan, lalu dikembalikan ke KPU Provinsi Jawa Tengah untuk ditukar dengan yang masih baik.

Surat suara yang masuk ke KPU Cilacap pada Selasa (30/4) lalu sebanyak 1.522.738 lembar. Jumlah ini didapat dari daftar pemilih tetap (DPT) di Cilacap ditambah 2,5 persen dari DPT tersebut. (Estanto)

Leave a Reply